Pages

Labels

Selasa, 17 April 2012

Roberts Jr tentang Rossi: "Anda Tidak Memiliki Motor Yang Sempurna Di Setiap Musim"

MotoGP 2012 baru berlangsung satu seri, tetapi hasil buruk yang diraih Valentino Rossi di seri pembuka di Losail, Qatar telah mengundang banyak tokoh balap untuk berkomentar. Yang terbaru datang dari Kenny Roberts Jr. Putra Kenny Roberts yang menjadi juara dunia GP500 pada tahun 2000 serta tentunya sempat beberapa tahun berlaga dengan The Doctor.
Roberts vs Rossi Welkom 2001 300x175 Roberts Jr Tentang Rossi: Anda Tidak Memiliki Sepeda Motor yang Sempurna Setiap Musim“Ini adalah situasi mental yang mirip dengan apa yang saya alamai saat bersama Suzuki. Saya pikir Valentino berada dimana saat ini ia tidak kompetitif dan lebih dari itu, ia bahkan tidak dekat dengan barisan depan,” Roberts Jr memulai.
Setelah memenangkan kejuaraan pada tahun 2000, Roberts Junior berjuang dengan Suzuki yang tidak kompetitif. Ia kemudian memiliki kebangkitan karir ketika ayahnya meletakkan mesin Honda V5 dalam chassis Tim Roberts, tetapi hari-hari sulit saat kejuaraan bersama tim Suzuki masih jelas dalam memorinya.
“Saya selalu mengatakan kepada mereka pada awal musim 1999, Suzuki tidak akan tetap kompetitif jika mereka tidak melakukan perbaikan besar,” katanya.
“Saya pikir dalam pikiran Valentino dia mungkin berpikir pada dirinya sendiri, ‘Lihat, saya telah memenangkan gelar, saya telah memenangkan balapan. Saya sudah melakukan semua ini dan jika saya mengendarai Yamaha atau Honda sekarang, saya akan segera ada.’ Saya pikir kita semua sangat percaya itu. Ketika Anda telah mencapai sesuatu, orang tahu kemampuan Anda. Rossi mungkin merasa bahwa benar-benar bukan tugasnya untuk perebutan tempat kelima atau kesepuluh. Ducati tidak mempekerjakannya untuk balapan untuk posisi tersebut.”
“Bila hasil mengecewakan, maka Anda harus benar-benar berpikir tentang apa yang terjadi.”
Berikutnya Kenny mulai menarik benang merah antara dirinya dengan Rossi. Ketika motor tidak kompetitif, ia memilih untuk tidak memaksakan diri untuk membawa motor hingga melewati batas.
“Bakat tidak bisa mengatasi semua masalah, okay? Terutama sejak era 500cc berakhir. Itu tidak mungkin,” katanya.
“Dia melihat itu seperti, okay, saya bisa naik ini pada 110% dan kemudian apa? Finish kelima. Dan naik pada 110% pada motor yang tidak kompetitif atau bahkan tidak dekat (dengan barisan depan) disertai dengan banyak risiko untuk pembalap.”
“Ini sama seperti dengan saya dan John Hopkins (rekan setim Roberts di Suzuki). Saya ingat berkata pada John Hopkins, ‘Dude kau akan menyakiti diri sendiri mendorong melewati batas yang jauh’,” kenangnya.
Saat itu Hopkins yang jauh lebih muda sering terlihat berusaha lebih keras untuk memacu Suzuki dibandning dirinya. Tetapi hasilnya, John sangat sering mengalami kecelakaan.
“John mendorong melewati batas motor untuk satu atau dua putaran untuk mencoba dan mendapatkan waktu yang baik, tetapi sering kali ketika dia melakukan itu dia tidak kembali ke garasi. Dia berada di ambulans. Dan kadang-kadang ketika ia akhirnya kembali, ia patah tulang dan telah jatuh begitu keras sehingga giginya patah atau longgar. Dari dampak yang saya lihat itu saya berkata pada diri sendiri, ‘Lihat., saya ingin bermain olahraga ketika saya sudah selesai di sini. Saya menginginkan semua yang ada di tubuh saya bekerja. Saya ingin bisa bermain dengan anak-anak saya ketika saya lebih tua. Jika Suzuki bisa memberikan saya motor yang mampu memenangkan balapan, maka saya akan khawatir untuk mengalahkan John. Sampai saat itu …”
Mantan pembalap yang berasal dari California itu lalu mengaku bersimpati pada penderitaan dan peran Ducati dalam apa yang dikenal sebagai “this Rossi mess”.
Rossi Roberts Catalunya 2000 261x300 Roberts Jr Tentang Rossi: Anda Tidak Memiliki Sepeda Motor yang Sempurna Setiap Musim“Untuk Ducati ini merayap ke dalam skenario terburuk. Mereka bertaruh banyak pada ini, menarik tim mereka dari World Superbike, menarik semua sumber daya untuk memberikan Valentino segala sesuatu yang mereka bisa. Hasilnya belum ada di sana.” katanya.
“Sekarang ini tugas yang sulit untuk Valentino,” lanjutnya.
“Lihat, Valentino memiliki beban bakat dan dia mendapatkan semuanya dan dia menang. Dia bahkan mungkin memiliki bakat sebanyak ayah saya,” katanya tertawa.
“Tetapi hal yang tampaknya banyak yang tidak menyadari adalah bahwa seiring dengan bakat luar biasa, Valentino hanya memiliki satu hadiah yang luar biasa ketika datang untuk berada di motor yang tepat pada waktu yang tepat.”
“Pikirkan tentang hal ini: Ketika kita berada di 500cc kami memiliki ban 17 inch. Ban itu semacam equalizer untuk gelar, dan dengan itu, saya memenangkan gelar juara dunia, itu bagian besar dari mengapa Suzuki kompetitif. Kemudian, mereka mengubah ke ban 16,5 dan horsepower sangat penting di atasnya, karena contact patch pada dasarnya dua kali lipat. Pada waktu itu, Rossi ada di Honda, yang telah tahu itu dan memiliki Jeremy Burgess. Honda memiliki motor, kru, ban, dll. Kejuaraan adalah miliknya..”
“Kemudian, dia bersama Honda ketika pindah ke 4-tak dan MotoGP dibuat. Honda lagi-lagi memiliki motor, kru, ban, dll. Dia menang.”
Dan jika banyak orang menganggap Rossi telah mampu mengubah air menjadi anggur ketika datang ke Yamaha pada tahun 2004, Roberts punya pandangan lain. Menurutnya kesuksesan Rossi di atas M1 tidak bisa dipisahkan dari peran Alex Barros yang tahun 2003 menjadi pembalap Yamaha.
“Kemudian dia pergi ke Yamaha. Okay, tak seorang pun mengingat ini, tapi, siapa yang menunggang Yamaha pada musim sebelum Rossi? Alex Barros. Ingat mereka memberi Barros sebuah RC212V pada akhir 2002 dan ia memenangkan tiga dari empat balapan terakhir di atasnya. Jadi dia sangat bagus. Dan Barros mengatakan kepada Yamaha pada tahun 2003, ‘Hei, Anda tidak memiliki torsi di sini. Yang Anda butuhkan adalah lebih banyak power dan kurva torsi datar sehingga memiliki powerband yang lebih luas.’
“Jadi, ketika mereka membangun konfigurasi mesin baru, mereka membuatnya dengan torsi lebih, mengubah urutan fairing, sebuah powerband yang lebih luas dan lebih banyak power. Valentino naik motor di Malaysia dan itu jauh lebih baik. Jadi, Rossi, dengan banyak usaha dari Yamaha dan dirinya sendiri, naik Yamaha dan memenangkan kejuaraan dunia. Dan pada saat yang sama, ketika ia meninggalkan Honda, Michelin telah membawa ban baru, yang pada Honda menciptakan banyak chatter. Honda tidak menggunakan Michelin baru itu, yang menyakiti mereka. Namun Yamaha tidak punya masalah chatter dengan Michelin baru. Valentino dan Burgess punya Michelin yang baru untuk bekerja pada Yamaha.”
“Yamaha telah mengerahkan banyak sumber daya untuk Valentino seperti halnya yang Ducati telah dilakukan untuknya.”
“Saya tidak meragukan Valentino Rossi, sama sekali. Dia berbakat. Dia menakjubkan. Sekarang dia sedang berjuang mengatasi masalah pada motor. Dia bertarung, berjuang, mungkin dalam empat dari delapan area yang Anda butuhkan untuk memenangkan perlombaan. Dia berjuang dengan feeling, elektronik dan kecepatan dan banyak lagi. Balapan sekarang tidak menyenangkan. Hidup baginya sekarang mungkin tidak menyenangkan, tetapi pada saat yang sama, itu adalah apa yang biasanya disukai dari balapan. Anda tidak memiliki sepeda motor yang sempurna setiap musim. Jika Anda melihat sekali dalam karir Anda, Anda ‘beruntung’.”

0 komentar:

Posting Komentar

 

Barclays Premier League Table

Translate Here