Pages

Labels

Senin, 17 Desember 2012

Nate Ruess : Dari Penyanyi Indie Menjadi Pop Superstar






Semua orang akrab dengan lagu  rock ballad “We are Young”. Telah Booming melalui radio dan membahana melalui i-pod headphone, dan nyaris menjadi lagu tema Amerika. Namun, apakah pembaca weblife pernah bertanya-tanya siapa dalang di balik balada ini? Yah tentu saja itu Fun. , sebelum itu banyak pertanyaan tentang itu, siapa yang menulisnya? Siapa yang menyanyikan lagu? Ya. Nate Ruess adalah frontman Fun. tapi sebelum single ini menjadi nomor satu di tangga lagu, ia adalah seorang penyanyi yang  tidak terlalu dikenal dari Arizona yang tidak tahu bagaimana memainkan alat musik.

Ruess pertama kali terinspirasi untuk bernyanyi dari pamannya yang berada di Broadway dalam musikal seperti Les Miserables. Ruess memulai karirnya,  di Arizona, dimulai dengan Band SMA-nya, yaitu Nevergonnascore.. Meskipun demikian, teman-temannya mengatakan ia tidak memiliki keterampilan untuk membuatnya profesional. Ruess mengatakan, "Saya tidak mengambil pelajaran, jadi saya memutuskan bahwa satu-satunya cara saya akan belajar bagaimana menyanyi, jika apa yang mereka katakan itu benar, adalah untuk pergi di mobil saya dan memakai apapun musik dari vokalis yang mungkin sangat sulit untuk meniru, hidupkan sekeras mungkin dan mencoba untuk memukul semua catatan. "Ini bekerja. Setelah Nevergonnascore, Ruess pindah ke Format, upaya pertamanya untuk membuat musiknya luas.

Ia membentuk “The Format” pada umur 19 tahun dengan sahabatnya, Sam Sarana. Pada tanggal 21 Oktober 2003, The Format merilis album pertama mereka, berjudul Interventions + Lullabies. Mereka telah mengumpulkan banyak perhatian dan kemudian menandatangani kontrak dengan Atlantic Records. Namun, setelah bekerja di album kedua mereka, Dog Problems, mereka dijatuhkan. Ini bukan akhir dari masalah Ruess. Teman Ruess menyatakan ia "tidak ingin melakukan ini lagi."   The Format tiba-tiba putus. Namun kemunduran ini tidak menghentikannya. Ruess pindah ke New York, terus menulis, dan tidak melihat titik balik. Juga dalam wawancara dengan Songwriter Amerika, Ruess menyatakan "Saya turun dan keluar," katanya, "tapi ini adalah satu-satunya hal saya suka dan tahu bagaimana melakukannya ... Aku tidak siap untuk berhenti."



Nate Ruess (kedua dari kanan) ketika masih berada di band The Format

Takdir telah ditentukan untuknya. Dia akhirnya bergabung dengan Jack Antonoff dan Andrew Dost, mantan anggota Steel Train dan Anathallo. Dan dari pertemuan ini, Fun. terbentuk. Dalam sebuah wawancara Nate Ruess mengatakan, "Ketika band terakhir saya tidak lebih, aku hanya tahu bahwa aku ingin bekerja dengan dua orang (Andrew dan Jack) khusus. Mereka adalah yang pertama dan hanya dua orang yang saya disebut. Saya telah berkeliling dengan mereka di masa lalu dan memiliki persahabatan yang besar dengan mereka, dan saya mengagumi mereka sebagai musisi dan sebagai penulis lagu. Jadi saya pikir jika aku akan turun, aku akan turun dalam kobaran kemuliaan (tertawa), dan mereka akan pergi dengan saya album pertama mereka “Aim and Ignite” tidak sukses tapi itu masih populer. Berharap untuk membuatnya dengan album kedua mereka, mereka pergi ke bakat Jeff Bhasker, produsen Kanye West dan Beyonce. Nate jelas ingat mendapatkan pertemuan sepuluh menit dengan Bhasker dan bernyanyi Bhasker paduan suara dari We Are Young. Setelah bahwa kinerja kecil di sebuah hotel Manhattan, Ruess dan bandnya telah pindah ke tahap yang lebih besar dan fanbase besar, termasuk sebuah lagu yang dilakukan oleh Glee.




















Nate Ruess (tengah), Andrew Dost (kiri), Jack Antonoff (kanan)
dengan band barunya Fun.

Meskipun memiliki penyanyi yang sama, The Format dan Fun. benar-benar berbeda. The Format lebih didasarkan indie, dengan gitar terdengar di seluruh. Band ini tidak berbasis pop, tidak ada auto-tuned bagian atau apapun "elektronik" terdengar. Ini adalah murni sebuah band indie. Dengan Fun., Nate Ruess telah mengubah suara. Ruess, Antonoff, dan Dost ingin album “Some Nights” menjadi lebih pop inspired. Pada kenyataannya, mereka terinspirasi oleh album Kanye West My Beautiful Dark Twisted Fantasy came out. "Saya benar-benar hanya mendengarkan musik hip-hop saat membuat “Some Nights”, tapi saya tidak menggunakannya sebagai inspirasi sampai “My Beautiful Dark Twisted Fantasy came out”. Ini hip-hop produksi dengan sandiwara yang nyata, kata Ruess. Namun ada juga yang tidak menjadi transformasi Nate Ruess itu dari indie untuk band pop. Mereka menganggap kepindahannya Apa itu penting bahwa Ruess mengubah suara untuk menarik khalayak yang lebih luas.


Nate Ruess masih orang yang sama. Meskipun sukses besar, ia masih tidak memainkan alat musik dan menulis lagu dalam cara yang menarik. "Saya tidak tahu bagaimana memainkan alat musik karena aku malas, jadi saya hanya menulis segala sesuatu di kepala saya dan mencoba yang terbaik untuk menjelaskan kepada salah satu dari orang-orang itu (Jack dan Andrew). Biasanya itu bervariasi apakah itu dimulai pada gitar atau piano, dan kemudian mereka akan membantu saya bekerja melalui itu dan mendapatkan ide saya”. kata Ruess dalam sebuah wawancara. Ada banyak tekanan yang berasal dari memiliki nomor tunggal menjadi satu, namun Ruess tidak merasakannya. Dia hanya mengambil keberhasilannya satu langkah pada satu waktu dan menikmati perjalanan.
Inilah Nate Ruess sekarang. Menikmati usahanya yang tidak sia-sia meskipun beberapa kali mendapatkan sandungan.


Fun. - We are Young ft. Janelle Monae





Fun. - Some Nights
















1 komentar:

 

Barclays Premier League Table

Translate Here