Pages

Labels

Sabtu, 14 April 2012

10 Persaingan Paling Terkenal Klub Sepak Bola Di Dunia

Sepak bola, permainan yang indah, bisa menjadi masalah hidup & mati untuk beberapa klub & pendukungnya. Budaya, serta daerah, perbedaan berkontribusi terhadap keganasan ini & penampilan pemain dalam pertandingan tersebut memutuskan apakah mereka akan selamanya
dicintai atau dibenci. Sebuah kesalahan atau momen magic sesaat dapat menciptakan sejarah, tetapi juga dapat mengakibatkan perkelahian, bentrokan & kerusuhan.
Berikut adalah 10 Persaingan Terhebat Club Sepakbola Dunia Sepanjang Waktu .

10. Corinthians vs Palmeiras
Derby Paulista adalah nama yang dikenal di kalangan São Paulo, Sport Club Corinthians Paulista dan Sociedade Esportiva Palmeiras. Ini adalah persaingan antara dua klub sepak bola yang masih aktif di kota tertua dari São Paulo. Derby Paulista masuk di antara 10 derbi klasik terbesar di dunia.

Sebuah persaingan besar di negara bagian Brasil São Paulo, Corinthians vs Palmeiras selalu menarik banyak perhatian ketika mereka berhadapan satu sama lain. Ada buku dan film yang menceritakan tentang persaingan ini, termasuk versi Romeo dan Juliet dimana Corinthians dan Palmeiras mengisi posisi Montague dan Capulets.

9. Nacional vs Penarol
Salah satu derby klasik sepak bola dunia, sejak akhir abad 19, yaitu konfrontasi antara dua tim terbesar Montevideo: Nacional dan Penarol. Kedua tim ini telah memainkan peran besar dalam mengembangkan sepak bola Amerika Selatan, dihormati di Amerika dan seluruh dunia, meskipun kesuksesan Internasional mereka meredup saat ini. Bersama-sama mereka
mendapat 8 Copa Libertadores dan 6 Piala Intercontinental.

Pada 14 April 1990, derbi ini berakhir imbang 0-0 dan menghasilkan 22 kartu merah, 11 untuk masing-masing pihak, (Nacional- 9 pemain di lapangan dan 2 pemain cadangan). Pertandingan berakhir pada menit 85 ' karena peraturan sebuah pertandingan tidak boleh kurang dari 7 pemain. 26 November 2000, pertandingan berakkhir imbang 1-1, dan berakhir dengan konfrontasi lain, di mana 9 pemain harus menghabiskan sebulan di
penjara, bersama dengan salah satu pelatih. Dua edisi pertandingan dimainkan di luar negeri, satu di La Plata (Argentina) pada tahun 1960, yang lain di La Coruña (Spanyol) pada tahun 2005, karena risiko keramaian & perkelahian.

8. Fenerbahce vs Galatasaray
Fenerbahçe SK vs Galatasaray SK adalah persaingan dua klub paling sukses di Lig Süper, Turki. Ini juga merupakan derby lokal, salah satu dari sekian banyak klub di Istanbul.

Persaingan ini sudah ada lebih dari satu abad, dan telah berkembang menjadi salah satu yang paling intens dan paling parah, biasanya menarik penonton besar. Kedua klub saling bersaing untuk title klub sepakbola paling sukses di Turki. Departemen sepakbola mereka selalu menjadi yang paling menarik di kalangan fans mereka, tetapi persaingan juga
meluas hingga ke cabang olahraga lain seperti basket, voli, atletik, dayung.
Galatasaray SK dinilai lebih sukses, setelah memenangkan 68 gelar resmi dibandingkan 66 gelar Fenerbahçe SK. Fenerbahe SK paling berhasil dalam head-to-head mereka, sementara Galatasaray SK membanggakan diri dari prestasi mereka dalam memenangkan UEFA 2000, Final Piala UEFA 2000 dan Piala Super, menjadi satu-satunya tim Turki sejauh ini.

7. Internazionale vs Milan
Derby della Madonnina, atau biasa dikenal Derby Milan, adalah pertandingan sepakbola antara klub Italia: Associazione Calcio Milan dan Internazionale Milano Football Club. Ini adalah derby lokal dan merupakan salah satu derby paling dinanti di dunia sepakbola. Bersama dengan derby Roma dan Turin, dianggap sebagai salah satu derbi lintas kota terbesar di Serie A, begitu intensnya sehingga hanya wasit pilihan saja yang dapat memimpin pertemuan tim ini. Pertemuan mereka dua kali dalam setahun di liga Italia Seri A, namun, derby juga terjadi di Coppa Italia dan Liga Champions.

Ini adalah satu-satunya derby di Eropa yang dimainkan oleh dua tim yang telah juara Eropa dan dunia. Hal ini disebut "Derby della Madonnina" untuk menghormati salah satu tempat wisata utama dari kota Milan, patung Bunda Maria di atas Duomo, yang biasanya disebut "Madonnina".

6. Liverpool vs Manchester United
Sejarah antara Liverpool dan Manchester United adalah salah satu persaingan yang paling signifikan di sepak bola, kadang-kadang disebut sebagai North West derby. Kedua klub berasal dari North West of England, mereka juga dua tim paling sukses di Inggris, dan di antara mereka bahwa mereka telah memenangkan penghargaan 116. Manchester united
mendapatkan 19 gelar liga, melewati Liverpool dengan 18 gelar liga di Inggris. Meskipun Liverpool sukses di Inggris, mereka gagal memenangkan Liga Premier, sejak didirikan pada tahun 1992.

5. Internazionale vs Juventus
Nama Derby d'Italia (Italia untuk "Derby Italia") diciptakan kembali pada tahun 1967, oleh wartawan olahraga yang terkenal Italia Gianni Brera , sebagai program sepakbola dua tahunan di sepakbola Italia antara Internazionale Milan dan Juventus Turin. Nama itu juga diberikan untuk dua tim dengan jumlah tertinggi penghargaan internasional dan nasional.

Pertarungan antara Juventus dan Inter adalah salah satu pertandingan derby paling intens di Italia, antara dua tim bukan dari kota yang sama. Kedua tim juga peringkat pertama dan kedua dalam kemenangan dan gol dalam sejarah Serie A. Pertandingan dua klub ini juga merupakan pertandingan antara dua klub yang belum pernah terdegradasi dari Serie A (sebelum skandal Calciopoli).

4. Boca Juniors vs River Plate 
Superclásico adalah nama yang digunakan untuk menggambarkan pertandingan sepak bola di Argentina Buenos Aires antar Boca Juniors dan River Plate. Ini berasal dari bahasa Spanyol "Clasico" yang berarti berarti derby, dengan awalan "super" digunakan untuk dua klub adalah klub paling populer dan sukses di sepak bola Argentina. Karena basis penggemar yang sangat besar (Boca memiliki 40% dari populasi Argentina dan River 33%),
dan keberhasilan yang luar biasa, permusuhan yang mencakup bagian utama dari rakyat negara itu. Dikenal di seluruh dunia untuk semangat para fans yang selalu berdiri dan bernyanyi dengan lagu-lagu semangat (sering didasarkan pada lagu-lagu populer band rock Argentina) melawan saingan mereka, kembang api, bendera dan kertas, dan kadang-kadang berakhir dalam kerusuhan, atau tawuran dengan polisi. Wisatawan dari seluruh dunia
datang ke Argentina untuk menonton pertandingan, kadang-kadang bahkan dengan paket yang mencakup tiket ke Superclásico tersebut.

Superclásico ini dikenal dunia sebagai salah satu derby paling sengit dan paling penting. Pada bulan April 2004, surat kabar Inggris, The Observer, menempatkan Superclásico di bagian atas daftar mereka "50 olahraga harus Anda lakukan sebelum anda mati", dan mengatakan bahwa "Derby di Buenos Aires membuat game terlihat pertandingan sepakbola SD "

3.Rangers vs Celtic
Salah satu derby terbesar dan paling intens di dunia, antara tim Skotlandia Celtic dan Rangers, lebih dari pertandingan sepak bola - persaingan ini sudah memasuki agama, politik dan sikap sosial menentang terhadap satu sama lain. Kedua klub bermain di Glasgow, Skotlandia, dan pertandingan merupakan salah satu derby tertua di dunia, 1888.

Derby Lama ini juga merupakan salah satu pertandingan yang paling diperebutkan di dunia, dengan lebih dari 370 game yang telah dimainkan. Pertandingan yang dimainkan baik di Ibrox Stadium dengan 51.000 fans, atau Celtic Park di depan 60.000. Dalam beberapa kasus, pertandingan dimainkan di Hampden Park, jika skor imbang terjadi dalam Piala Skotlandia atau final Piala Liga Skotlandia atau semi-final. Kedua tim telah memenangkan banyak gelar, namun saat ini Rangers di depan Celtic dengan 53 gelar liga berbanding 42 untuk Rangers.

Persaingan ini dianggap oleh orang banyak menjadi salah satu yang paling kuat di dunia, dengan atmosfer yang luar biasa dan nyanyian yg keras. Rangers dianggap sebagai klub Protestan dengan pendukung Unionis, sementara Celtic dianggap klub Katolik dengan pendukung Republik dan Nasionalis. Ini telah lama memiliki hubungan dengan konflik politik di Irlandia Utara, dengan ribuan penggemar dari Irlandia Utara dan Republik
Irlandia melakukan perjalanan ke Skotlandia untuk pertandingan ini. Memang, persaingan antara kedua klub sangat besar bahwa hanya lima pemain yang pernah pindah antar klub.

Pada tahun 1980, sekitar 9.000 penggemar berkelahi di lapangan setelah kemenangan 1-0 Celtic di Final Piala Skotlandia di Hampden. Ini adalah invasi terburuk ke dalamlapangan sepakbola yang pernah dilaporkan. Sebuah kelompok aktivis yang memonitor aktivitas sektarian di Glasgow telah melaporkan bahwa pada akhir pekan, penerimaan ke ruang gawat darurat rumah sakit meningkat sembilan kali lipat lebih banyak biasanya,
dan wartawan Franklin Foer mencatat bahwa dalam periode 1996-2003, delapan kematian di Glasgow secara langsung terkait dengan pertandingan, dan ratusan serangan.

2. Lazio vs Roma

Derby della Capitale (bahasa Inggris: Derby ibukota) adalah derby sepak bola setempat di Roma, Italia, antara dua tim utama kota, Lazio dan Roma. Hal ini dianggap sebagai derby paling sengit di negara itu diantara derby lokal lainnya, Derby della Madonnina (Milan derby) dan Derby della Mole (Turin derby), dan salah satu yang terbesar dan derby ibukota diperhatikan di Eropa. Derby ini ditandai dengan kerumunan besar, kegembiraan, kekerasan dan - baru-baru - spanduk rasis di stadion.

Beberapa insiden ekstrim telah meninggalkan jejak mereka pada sejarah fixture ini. Pada tahun 1979, suporter Lazio Vincenzo Paparelli terkena lemparan kembang api oleh seorang penggemar Roma dari ujung stadion di mata dan terbunuh, menjadi korban tewas pertama dalam sepakbola Italia karena kekerasan. Pada tahun 2004 sebuah peristiwa yang belum
pernah terjadi sebelumnya ketika ultras Roma memaksa pertandingan harus dihentikan setelah menyebarkan rumor palsu di antara kerumunan bahwa seorang anak telah dibunuh oleh polisi sebelum pertandingan. Dalam derby terakhir, pada bulan Desember 2009, wasit menghentikan bermain selama sekitar tujuh menit, hanya 13 menit setelah memasuki babak pertama, karena kembang api yang dilemparkan ke lapangan. Derby pada tanggal 21 Maret 2004, diberhentikan empat menit memasuki babak kedua, dengan skor imbang 0-0, ketika kerusuhan pecah di tribun dan presiden Liga Sepakbola Italia, Adriano Galliani, memerintahkan wasit Roberto Rosetti untuk menangguhkan pertandingan. Setelah pertandingan ditunda, pertempuran di antara para penggemar dan antara penggemar dan polisi pun terjadi, stan-stan dibakar dan orang-orang melarikan diri stadion, akhirnya menghasilkan lebih dari 13 penangkapan dan lebih dari 170 luka-luka di kalangan polisi sendiri.

1.Real Madrid vs Barcelona
Persaingan antara FC Barcelona dan Real Madrid, di Spanyol, yang umumnya dianggap yang terbesar di sepak bola, dan mirip dalam konteks ke Celtic - Rangers. Dari awalnya, dua klub ini dipandang sebagai wakil dari dua daerah saingan di Spanyol, Catalonia dan Castile. Pada tahun 1950, persaingan menjadi lebih intensif ketika Barca gagal mendatangkan Alfredo di Stefano, yang akhirnya bermain untuk Real Madrid dan merupakan
kunci dalam keberhasilan yang dicapai oleh Madrid.

Barcelona dan Real Madrid adalah dua klub terbesar, dan paling sukses, di Spanyol, juara liga selalu diantara dua klub ini. Madrid telah memenangkan lebih banyak juara La Liga dan Liga Champions, tapi Barca telah lebih banyak dalam memenangkan Piala lebih Spanyol, Piala Winners dan Piala UEFA. Juga Barca menjadi tim Spanyol pertama yang memenangkan treble (2008-2009). Pada tahun 2009, mereka memenangkan enam kompetisi,
menjadi tim pertama yang memenangi semua kompetisi dalam satu tahun. Persaingan ini juga telah diperkuat oleh pemain bintang Real Madrid dan Barcelona yang membelot kepada klub saingan-mereka. Pemain terkenal Barcelona yang kemudian bermain untuk Real Madrid Bernd Schuster (1988), Michael Laudrup (1994) dan Luís Figo (2000). Luis Enrique
berpindah dari Real Madrid ke Barcelona pada 1996 dan menjadi kapten Blaugrana.

Sebuah survei 2007 oleh Centro de Investigaciones Sociológicas menentukan bahwa Real Madrid adalah tim dengan pendukung terbesar di Spanyol dengan 32,8% dari penggemar sepak bola, sementara Barcelona hanya 25,7%. Tim berikutnya, Valencia CF 5,3%. Barcelona pada gilirannya tampaknya menjadi tim paling populer di Eropa. Menurut sebuah survei yang dibuat oleh SPORT + Markt pada tahun 2009, Barcelona memiliki sekitar 44,2
juta pendukung di seluruh Eropa, yaitu sekitar 2,9 juta lebih dari jumlah pendukung Real Madrid.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Barclays Premier League Table

Translate Here